Tribute for [some of] my patients

Dalam waktu 1 minggu 2 orang pasien yang aku kenal meninggal.

Dua-duanya cewe cantik, masih muda, dan meninggal karena AIDS. HIV emang gak pandang usia, apakah kamu remaja ABG atau dewasa muda, dan entah kamu cantik atau engga, semua orang bisa kena. Dua cewe yang saya ceritakan diatas mungkin terkena HIV dari pacar mereka. Kalau kamu kira pacar kamu, orang yang kamu kasihi, tidak bisa menularkan kamu dengan HIV, itu salah banget.

Ada harga yang harus kamu bayar dari hubungan seks yang beresiko, untuk pemakaian narkoba jarum suntik yang tidak steril, dan harga itu samasekali gak murah. Bahkan terlalu mahal untuk konsekuensi yang harus kamu tanggung seumur hidup.

Untuk setiap hubungan seks yang beresiko, pastikan kamu melakukannya dengan aman. Gunakan KONDOM, walaupun tidak 100% mencegah kamu dari tertular HIV, tapi lebih baik dengan pengaman daripada engga samasekali.

Kalau kamu suka memakai narkoba jarum suntik [putaw,subutex] selalu menggunakan jarum suntik yang steril, atau gunakan jarum suntik untuk kamu sendiri. Jangan menggunakan jarum suntik punya orang lain, atau tukar menukar jarum suntik.

Buat kamu yang tau info tentang HIV/AIDS, pastikan temen-temen atau keluarga kamu gak dapet info yang salah. Karena kalau kita merasa aman, atau gak mungkin kena HIV kalau sekali-kali aja melakukan hubungan seks yang beresiko, itu salah !

Setiap orang yang terkena HIV/AIDS mungkin bila diberi kesempatan, tidak akan mengulang kesalahan yang mereka perbuat. Tapi sayangnya, sekali kamu terinfeksi HIV untuk seumur hidup kamu harus hidup dengan virus tersebut. Cegahlah selagi kamu bisa dengan melindungi diri kamu sendiri, dengan perilaku seks yang bertanggung jawab, hindari narkoba jarum suntik.

Orang yang positif HIV bisa samasekali gatau kalo dirinya sudah terinfeksi, bisa 6-8 tahun sampai timbul gejala AIDS. Jadi kalau kamu merasa selama ini perilaku kamu beresiko tinggi (ganti-ganti pasangan seks tanpa kondom, tukar jarum suntik dengan temen) segera periksa status HIV kamu. Selain untuk mendapat pengobatan, pengetahuan kamu tentang status HIV juga bisa melindungi temen-temen kamu.

Kehidupan seperti apa yang ingin kamu jalani di masa depan? Pilihan yang kamu ambil sekarang yang akan menentukannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


%d blogger menyukai ini: