Lagi tentang AIDS : kumpulan gejala imunodefisiensi (yang didapat)

Februari 5, 2009 at 5:14 pm Tinggalkan komentar

Sehubungan dengan banyaknya tag yang dicari orang, maka lagi-lagi tulisan tentang AIDS saya buat. AIDS, singkatan yang dalam bahasa Inggris yang berarti Acquired Immunodeficiency Syndrome (=kumpulan gejala imunodefisiensi yang didapat.)

Maksud ‘didapat’ disini karena ada jenis penyakit/ kelainan imun yang diturunkan, misalnya pada kelainan genetik. Tetapi pada AIDS, kumpulan gejala klinis yang berhubungan dengan penurunan fungsi daya tahan tubuh/sistem imun, bukan karena kelainan bawaan. AIDS disebabkan karena manusia terinfeksi oleh HIV (=virus imunodefisiensi) melalui kontak darah atau cairan tubuh lain eg. air susu, sperma/cairan mani. HIV juga dapat ditemukan pada ludah, air mata, tapi belum terbukti adanya penularan dengan cara tersebut.

Siapa saja yang rentan dengan penularan HIV ini ?

Mereka yang termasuk kelompok resiko tinggi diantaranya : pekerja seksual komersil, transgender (waria) yang menjual jasa transaksi seksual, kelompok hetero/homoseksual yang sering berganti pasangan, para pengguna narkoba dengan jarum suntik yang dipakai bergantian. Pada intinya semua cara transmisi virus yang melibatkan kontaminasi darah.

HIV tidak dapat tertular jika kita berpelukan, berciuman pipi, melalui makanan, memakai gelas/piring bersama, menggunakan toilet duduk bersama, atau kontak lain yang tidak berhubungan dengan darah.

Bagaimana mencegah penularan HIV ?

Di negara maju dimana situasi budaya sangat permisif untuk memulai hubungan seksual sejak usia yang sangat dini, sedang dikampanye-kan untuk melakukan ABC.

Abstinence : artinya TIDAK melakukan hubungan seksual.

Be faithful : artinya SETIA terhadap pasangan (terutama pasangan seksual).

Condom : selalu menggunakan KONDOM jika melakukan hubungan seksual (jika bukan dengan pasangan/ jika berganti-ganti pasangan).

Sayangnya, masyarakat kita belum menyadari pentingnya pemakaian kondom.

Dari wawancara dengan para PSK (pekerja seks komersil) dan waria yang melayani transaksi seks, masih banyak pelanggan yang enggan untuk memakai kondom.

Padahal tujuan pemakaian kondom adalah untuk melindungi kedua belah pihak dari penyakit menular seksual dan HIV, tapi masih ada stigma di masyarakat kita bahwa pemakaian kondom mengurangi kenikmatan berhubungan seks.

Alangkah sempitnya pola pikir seperti itu, mengutamakan kenikmatan seks tapi mengorbankan diri untuk penyakit yang tidak dapat disembuhkan seumur hidup seperti AIDS.

Sekali orang terinfeksi HIV maka seumur hidupnya virus tersebut akan hidup dalam tubuh orang tersebut. Karena HIV tidak dapat disembuhkan seperti virus Influenza misalnya, maka suatu saat jika virus bertambah banyak (bermultiplikasi) maka dalam waktu sekian tahun akan muncul gejala penurunan daya tahan tubuh. Gejala tersebut yang disebut AIDS.

Contoh gejala yang sering muncul pada orang dengan AIDS adalah batuk yang tidak sembuh (berkaitan dengan TBC paru), kelainan kulit seperti jamur (candidiasis), atau ketombe pada kulit kepala, dan tumbuh jamur di kerongkongan/ esofagus yang mengakibatkan keluhan sulit menelan, penurunan berat badan drastis (wasting syndrome), dan diare terus menerus dalam waktu lama.

Sampai saat ini belum ada pengobatan untuk menyembuhkan HIV-AIDS. Telah ditemukan ARV (antiretroviral) sebagai pengobatan untuk mencegah bertambah banyaknya jumlah virus dalam tubuh.

Pada HIV-AIDS pencegahan adalah segala-galanya. Always wear protection (condom), don’t sharing needles, stay negative. Staying alive.

Entry filed under: HIV-AIDS. Tags: , , , , , , , , , , , , , .

Gastritis , nyeri maag terpopuler Kondom : Cara berhubungan seks yang aman ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 149,682 hits

my twits


%d blogger menyukai ini: