alergi : sepele tapi mengganggu

Juni 11, 2008 at 6:47 am 2 komentar

Pernah gak suatu hari kamu makan udang atau makanan laut dan tiba-tiba timbul gatal atau mulut dan mata kamu bengkak?
Ada yang bilang, ” Kamu alergi udang ! ”
Mungkin mereka bener sih…

Kenapa ada orang yang alergi sesuatu dan orang laen engga?
Orang yang alergi itu biasanya tubuhnya punya Imunoglobulin E (IgE) yang lebih tinggi dari orang laen yang gak ada bakat alergi.
Apaan tuh IgE ?

Sebenernya Imunoglobulin ini berfungsi untuk faktor pertahanan tubuh, tapi karena orang yang bakat alergi jumlahnya berlebihan jadinya badannya juga lebih reaktif = lebih cepet memberi reaksi, dan reaksinya ‘berlebihan’ dibanding orang laen yang gada alergi.

Orang yang punya kecenderungan atau bawaan seperti ini disebut atopi ( atopic , Inggris )

Manifestasi alergi sendiri bisa macem-macem.
Ada orang yang keluhannya gangguan kulit kaya gatal, kemerahan, timbul bentol (biduran), mata bengkak atau gangguan pernafasan seperti terasa pilek, bersin-bersin, sesak.

Penyebabnya juga macem-macem, mulai dari makanan, obat-obatan, sampe yang alergi bahan pakaian juga ada.
Paling sering sih karena makanan laut, tapi kacang atau bahkan terong juga bisa menyebabkan alergi.

Gimana kalo udah tau kamu punya alergi tertentu ?
Alergi biasanya ga bisa sembuh, alias seumur hidup kamu mesti berteman dengan ‘bawaan’ kamu itu. Biasanya ada riwayat atopi dalam keluarga kamu ( ayah, ibu, paman, bibi, kakek, nenek ) yang menurunkan ‘bawaan’ itu sama kamu.
Dan kamu juga kemungkinan menurunkan ‘bawaan’ itu sama anak cucu kamu.
Tapi kamu bisa mencegah supaya alergi kamu gak kambuh dengan menghindari alergen ( = bahan pencetus alergi ) misalnya kalo kamu tau kamu alergi udang, ya jangan makan udang. atau kalo kamu suka sekali dan ga bisa menahan untuk ga makan udang, kamu mesti siap obat antihistamin. jaga-jaga siapa tau kambuh.
ada juga yang alergi debu, mesti bisa menjaga rumahnya bersih terus, jangan banyak tumpukan koran.

Kadang orang yang alergi kulitnya cenderung lebih kering juga, bisa disiasati dengan mandi pake air yang jangan terlalu panas, bagusnya hangat ke dingin dan selalu gunakan pelembab setelah mandi.

kamus istilah dalam alergi :

dermatitis atopi : gatal atau kemerahan pada kulit yang disebabkan alergi.
angioedema : bengkak disekitar kelopak mata atau bibir yang diakibatkan oleh alergi.
rhinitis allergica : bersin atau pilek yang dicetuskan bila hidung menghirup alergen.

Topik lain yang berkaitan :
Skin Itchy | Allergy Supplement | Natural Cure for Asthma

Entry filed under: alergi dan imunologi. Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .

I have a dream jerawat : masalah para ABeGe

2 Komentar Add your own

  • 1. TAMMIE  |  April 23, 2009 pukul 6:19 pm

    wah, ternyata terong bisa menyebabkan alergi ya?
    info baru nih buat saya.
    Setau saya terong itu malah berkhasiat menyembuhkan alergi.
    Mohon penjelasannya.
    Terima kasih.

    Balas
  • 2. Rika  |  Maret 25, 2010 pukul 8:51 am

    Wah info bagus nih…
    saya ijin copy ya dok…
    Saya credit to/ cantumin sumber di link ini kok..🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 149,682 hits

my twits


%d blogger menyukai ini: